Minggu, 20 April 2014

ANALISA TULISAN DAN TANDA TANGAN JOKO WIDODO (JOKOWI)

Oleh :

Primasari Nafisah T. Z.
( Founder Primagraphology Consulting )



Berikut ini adalah mengenai diri Joko Widodo (Jokowi), calon presiden yang diusung oleh PDIP, dilihat dari tulisan dan tanda tangannya (analisa grafologi).

Dilihat dari huruf "d"-nya secara umum, Jokowi adalah tipe yang gampang tersentuh atau sensitif, baik dalam artian gampang tersentuh oleh keadaan maupun terhadap pujian atau kritikan. Ditemukan juga huruf "d" Yunani dalam tulisan di atas, hal ini menunjukkan bahwa Jokowi cinta dan tipe yang memperhatikan kebudayaan, memiliki kemampuan sastra yang baik, memiliki kemampuan sosial yang matang.

Kemampuan sosialnya yang matang ini yang merupakan sisi dominan dirinya juga terlihat pada jenis hurufnya yang berbentuk garland dan spasinya yang normal.

Dilihat dari huruf "a" dan "o", Jokowi memiliki integritas yang baik. Dilihat dari spasi dan baselinenya, Jokowi memiliki kemampuan mengendalikan diri yang baik, sehat secara emosional dan mental. Hal ini juga dipertegas dari marginnya yang relatif rata. Kemampuan pengendalian emosinya yang baik ini mungkin juga berasal dari kemampuan intelektualitasnya yang baik. Seandainya pun ada sesuatu yang membuatnya sangat emosi, ia lebih suka memendam untuk dirinya sendiri sehingga cenderung menyakiti dirinya sendiri. Segala bentuk guyonan yang ia lontarkan ketika menerima sindiran atau kritikan, bisa jadi itu adalah sebuah bentuk pengalihan emosinya. Kemampuan mengalihkan energinya ini, mengalihkan energi negatif menjadi energi yang positif, terlihat dari huruf-huruf zona bawah seperti "y", "j" dan "g" dan dibuat secara konsisten.  Segala bentuk guyonannya tersebut, entah sebagai pengalihan atau memang begitu adanya, bisa jadi merupakan turunan dari kemampuan sastra dan budayanya yang baik sebagaimana tercermin dari huruf "d" Yunani.

Dilihat dari marginnya, Jokowi termasuk tipe yang berorentasi masa depan, cenderung sehat akan kehidupan masa lalunya atau tidak ada masa lalunya yang menjadi beban dalam menapak kehidupan di masa depannya.

Dilihat dari ukuran tulisan dan zona tulisannya, Jokowi termasuk tipe yang cekatan dan tidak sungkan-sungkan untuk terjun langsung ke lapangan untuk memastikan segalanya berjalan dengan baik.

Dilihat dari kecenderungan menggunakan huruf kecil pada kata yang seharusnya diawali dengan huruf besar, hal ini menunjukkan pada dasarnya Jokowi adalah tipe yang tidak ingin menonjol. Namun demikian, dilihat dari tanda tangannya yang memiliki tarikan garis-garis lurus, Jokowi adalah tipe kepribadian yang tegas. 2 garis ke arah kanan atas dan bawah menunjukkan bahwa Jokowi selalu berusaha menselaraskan antara optimismenya dengan analisa atau pertimbangan nalarnya.

Dilihat dari margin tulisannya di mana ada yang menyeruak ke kanan, Jokowi termasuk tipe yang kreatif atau berani mengambil langkah atau tindakan out of the box. Namun demikian, pada dasarnya, Jokowi termasuk tipe yang konservatif atau taat pada norma-norma. Hal ini tercermin dari posisi tanda tangannya.

Demikian analisa kami terhadap tulisan dan tanda tangan Joko Widodo. Analisa ini dibuat berdasarkan disiplin ilmu grafologi.

Analisa kami yang lain terhadap tokoh capres dan cawapres Indonesia 2014 dapat Anda lihat dalam website/blog kami.

Semoga analisa-analisa yang kami lakukan cukup membantu rekan-rekan sekalian dalam memilih capres dan cawapres Indonesia 2014.

Salam Grapho. Salam Perubahan yang Lebih Baik. Salam Sukses Bahagia.

www.facebook.com/primagraphology

1 komentar:

  1. tapi bukannya "confuse" person ya? sama gak terbuka?

    BalasHapus