KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

Selasa, 16 Oktober 2012

Membaca Kepribadian Seseorang dari Foto Profil yang Dipasangnya di Jejaring Sosial (Facebook, Twitter, dan lain-lain)


"Sebuah gambar dapat mengungkap banyak hal lebih dari kata-kata."
--- Lao Tze ---

Dalam jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan lain sebagainya, ungkapan tersebut bisa jadi tepat. Laman jejaring sosial, seperti facebook dan twitter merupakan media yang paling ideal untuk menerka kepribadian seseorang.

Bagaimana caranya ?

Ada dua cara untuk melihat kepribadian seseorang di jejaring sosial, seperti facebook dan twitter, yaitu : yang pertama, dengan melihat status atau kata-kata yang dituliskan dalam jejaring sosial tersebut; dan yang kedua, dengan melihat foto profil atau postingan foto profil si pemilik akun. Dan dalam artikel ini, kita akan mengupas hubungan antara postingan foto profil dengan kepribadian atau karakter seseorang.

Beberapa psikolog menuturkan adanya hubungan antara tipe gambar dalam profil dengan dan kecenderungan sifat orang yang mem-posting gambar tersebut.

1. Sering Gonta-ganti Gambar Foto Profil

"Orang yang sering mengganti gambar profilnya di jejaring sosial cenderung merasa tidak aman, kurang pecaya diri, dan sangat sembrono dalam mengambil keputusan. Orang seperti ini mudah curiga dan sulit percaya orang lain.", ujar psikolog Amool Ranjan, dikutio dari Times of India.

Ia menambahkan, beberapa individu dengan tipe ini bahkan punya kepribadian ganda dan selalu tidak puas dengan keputusan yang diambilnya sendiri. Ciri ini menunjukkan seseorang yang mengalami krisis identitas dan ingin tahu pandangan orang lain terhadap dirinya (dengan cara mengganti gambar foto profil setiap satu sekali atau sehari sekali).

2. Memajang Foto Selebriti atau Public Figure

Menunjukkan seseorang yang suka mengidolakan orang lain karena merasa kehidupannya sendiri tidak terlalu sukses. Tipe ini cenderung kurang percaya diri dan sering meminta pendapat orang lain. "Dia termasuk orang yang tertutup dan enggan membicarakan masalah pribadi.", kata Amool.

Selain itu, menurut Kaptan Singh Sengar, orang dengan karakter ini mempunyai dunia yang terbatas; tidak banyak bertemu orang dan kesehariannya monoton. Dia lebih suka memendam hasrat dan impiannya. Meng-upload gambar orang lain adalah salah satu cara untuk merefleksikan dirinya.

"Mereka adalah pemimpi dan senang berada di dunia fantasi.", ungkap psikolog Kaptan Singh Sengar.

3. Foto Syur

Ada sejumlah orang yang tak sungkan memamerkan foto seksi atau menunjukkan keintiman bersama pasangan di jejaring sosial. Menurut Amool, tipe orang seperti ini biasanya suka mencari perhatian dan khawatir dengan hubungan asmaranya. Biasanya memiliki sifat rendah diri yang kompleks.

"Maka untuk menutupinya, mereka mencoba tampil lebih ekspresif.", ujar Amool.

Sementara itu, Kaptan Singh Sengar menjelaskan perilaku ini menunjukkan sifat kekanak-kanakan dan obsesi menjadi pusat perhatian. Biasanya, tipe ini kurang bisa dipercaya dalam menjalin hubungan asmara.

4. Gambar Bernuansa Ghotic

Menggambarkan orang dengan kepribadian yang kompleks dan msiterius. Amool mengungkapkan bahwa cukup sulit memahami tipe ini dan itu yang memang dia inginkan. Mereka biasanya tidak suka berbagi terlalu banyak dengan orang lain dan lebih memilih menyelesaikan masalahnya sendiri.

Senada dengan Amool. Kaptan Singh Sengar menyatakan, "Meskipun kelihatannya baik-baik saja, tapi mereka selalu merasa sebaliknya. Orang-orang seperti ini biasanya sangat memperhatikan penampilan fisik."

5. Pasang Wajah dengan Bibir Cemberut

Menurut psikolog Dr. Asi Sharabi seperti dikutip dalam Cosmopolitan,  gaya ini menunjukkan sifat provokatif dan simbol sensual. Mengindikasikan seseorang yang ingin terlihat seksi, mendambakan keintiman atau pasnagan. Bisa juga mengindikasikan kalau dia seseorang yang suka bersentuhan fisik.

6. Bersama Hewan Peliharaan

Tipe ini biasanya penyayang dan berharap bisa jadi pengasuh atau pengayom yang baik bagi keluarganya kelak. Memasang foto bersama hewan peliharaan bisa juga mengindikasikan dia orang yang family oriented.

7. Sedang Menari

Dia ingin 'mengundang' orang untuk melihatnya. Seseorang yang menunjukkan dirinya sedang pose berdansa biasanya bersifat terbuka, bebas, pencari kenikmatan hidup, dan cenderung bergaya hidup hedonis.

8. Melakukan Aktivitas

Dia suka memajang foto dirinya sedang berolahraga, bekerja, membaca buku atau berkebun. Ini menandakan orang tersebut ingin dikenal karena kemampuan dan pengalaman hidupnya. Biasanya dia jarang membicarakan hubungan asmara atau sesuatu yang berkaitan dengan emosional. Hal ini juga menandakan keengganan untuk berkomitmen dalam hubungan.

9. Memalingkan Wajah dari Kamera

Pose ala 'candid' ini menggambarkan seseorang yang tegas, teguh berpendirian dan cenderung keras kepala. Tapi dia juga tipe yang sangat percaya diri dalam menjalani hidup.

10. Mengenakan Busana Pesta

Tipe ini suka bersosialisasi dan hobi ikut dalam berbagai pertemuan, seperti arisan atau pesta. Pemilik kepribadian yang ekstrovert atau terbuka. Mereka sangat mengutamakan kepercayaan diri dan mendapat perhatian dari orang sekitar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

ARTIKEL-ARTIKEL :

OUR SOCIAL MEDIA

OUR FANPAGE FACEBOOK

OUR TWITTER

OUR INSTAGRAM

Title 4

Isi konten 4

Title 5

Isi konten 5