KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

Senin, 08 Oktober 2012

GRAFOLOGI, SEBUAH METODE MENGENAL DIRI

 
 Salah satu kebutuhan dasar manusia dari dahulu hingga sekarang adalah mengenal diri, baik diri sendiri maupun orang lain. Banyak metode dikembangkan dalam rangka mengenal diri, baik diri sendiri maupun orang lain.

Ada beberapa teknik atau metode yang telah dikembangkan untuk mengenal kepribadian seseorang :
 
1. Teknik Kuesioner
Banyak tes-tes kepribadian berupa kuesioner yang dikembangkan untuk mengenal karakter seseorang, seperti tes kepribadian 4 tipe kepribadian, tes MBIT, tes enneagram, dan lain-lain.
 
2. Wajah
Banyak orang berkeyakinan bahwa wajah seseorang mencerminkan karakternya.

3. Micro Expression
Apa kita rasakan dapat tercermin dari ekspresi wajah kita, bahkan apakah seseorang jujur atau tidak dapat terlihat dari ekspresi wajah kita.

4. Golongan Darah
Riset terakhir yang dikembangkan menunjukkan bahwa golongan darah ternyata mempengaruhi dan atau mencerminkan karakter seseorang.

5. Zodiak
Setiap benda memancarkan energi. Itulah mengapa orang-orang dahulu meyakini bahwa rasi atau susunan bintang yang ada di langit akan memancarkan energi kepada alam semesta. Setiap bulan, rasi atau susunan bintang ini berubah-ubah dengan siklus satu tahunan. Oleh karena itu, seseorang yang lahir pada bulan tertentu artinya terlahir pada susunan bintang tertentu sehingga memperoleh pancaran energi alam semesta, dalam hal ini bintang, secara berbeda. Dan energi yang dipancarkan oleh susunan bintang-bintang ini akan mempengaruhi karakter seseorang.

6. Shio
Jika zodiak memperhatikan siklus bulanan, shio memperhatikan siklus tahunan. Setiap tahun, bintang-bintang di angkasa akan tersusun secara berbeda-beda dengan siklus 12 tahun, artinya setelah 12 tahun akan kembali pada susunan awal. Dalam analisa shio, seseorang yang lahir pada tahun tertentu akan memiliki shio berbeda dan berarti akan memiliki karakter yang berbeda secara umum.

7. Palmistry (Garis Tangan)
Banyak orang meyakini bahwa garis tangan seseorang mencerminkan dirinya bahkan nasibnya.

8. Sidik Jari
Setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda. Riset terakhir yang dikembangkan menunjukkan bahwa sidik jari dapat menunjukkan diri seseorang. Finger Print Test (Tes Sidik Jari) adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk mengenal iri seseorang.

9. Grafologi
Aristoteles, seorang filsuf Yunani Kuno yang juga dianggap sebagai Bapak Filsafat atau yang dijuluki sebagai "Guru Pertama", mengatakan : "Kata-kata yang kita tulis adalah simbol dari kata-kata yang kita ucapkan; sedangkan kata-kata yang kita ucapkan adalah simbol dari pengalaman mental."
Sebuah tulisan tangan bukan hanya merupakan simbol dari pengalaman mental seseorang yang mampu menunjukkan karakter seseorang, namun pada saat yang sama tulisan tangan mampu menjadi sebuah metode untuk mengubah dan atau mengembangkan karakter seseorang.
Mengenai penjelasan lebih jauh tentang grafologi akan dijelaskan pada artikel-artikel selanjutnya.

Sesungguhnya masih banyak metode untuk mengetahui karakter dan kepribadian seseorang, seperti cara dia berbicara, cara dia duduk, cara dia makan, makanan yang ia makan, dan lain sebagainya. Semua metode ini terus dikembangkan dan mungkin akan bermunculan metode-metode baru yang semuanya itu adalah dalam rangka mengenal seseorang atau diri kita sendiri.

Satu hal mengapa upaya mengenal diri sendiri terus menerus dikembangkan karena semua orang berkeyakinan bahwa mengenal diri adalah kunci kesuksesan dan kebahagiaan.

Semoga kita semua menjadi orang yang sukses dan bahagia.

SALAM GRAPHO. SALAM PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK. SALAM SUKSES BAHAGIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

ARTIKEL-ARTIKEL :

OUR SOCIAL MEDIA

OUR FANPAGE FACEBOOK

OUR TWITTER

OUR INSTAGRAM

Title 4

Isi konten 4

Title 5

Isi konten 5