KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

Selasa, 27 Maret 2012

Bandingkan Sel Otak Manusia dan Sel Otak Lebah

Salam Grapho

Mungkin anda tahu mengenai lelucon tentang harga otak yang dilelang antara otak orang Jepang,  dan orang Indonesia?
Mana yang paling mahal ? Orang Jepang ? SALAH !

Harga otak orang Jepang justru paling murah, karena diduga di dunia ini orang Jepanglah yang diduga paling banyak menggunakan otaknya. Karena sering menggunakan otak maka otak Jepang paling banyak urat-urat berwarna biru sehingga terlihat kurang bersih.

Dan paling mahal adalah otak orang Indonesia ! Mengapa ? Paling bersih, Saudara-saudara !
Itu hanyalah lelucon belaka yang karena kita ketahui sendiri Indonesia bukanlah negara maju bila dibandigkan dengan Jepang . Namun, negara maju atau tidaknya bukanlah perbandingan bahwa suatu negara dapat dilihat tingkat penggunaan otaknya.
Bandingkan Sel Otak Manusia dan Sel Otak Lebah

A. Sel Otak Manusia

Berapakah jumlah sel otak manusia ? Jawabannya adalah 1 triliun sel otak, yang terdiri dari 100 miliar sel aktif dan 900 miliar sel yang menghubungkannya.
Sekarang bandingkan jumlah sel otak manusia dan lebah  yaitu 1 triliun berbanding 7.000 sama dengan 142.857.143 kali. Angka ini bisa menjadi gambaran kemampuan manusia seharusnya. Dengan 7.000 sel otak saja lebah mampu melakukan hal-hal yang luar biasa dashyat. Apalagi memiliki sel otak manusia sebanyak 142.857.143 kali lipat.

Jumlah sel otak sebanyak itu sangatlah fantastis apabila dibandingkan dengan jumlah sel otak lebah, atau jika dibandingkan dengan jumlah manusia di bumi ini, yaitu 6-7 miliar. Di mana tiap sel otak mempunyai kemampuan dan kapasitas yang luar biasa ! Jumlah tersebut adalah jumlah rata-rata sel otak manusia. Mungkin beberapa orang punya sel otak kurang atau lebih dibandingkan jumlah itu. Namun, kekurangan atau kelebihan tersebut hampir tidak ada artinya. Meskipun sel otak akan berkurang ketika usia bertambah, tetapi tidak sedramatis yang diperkirakan.

Jika memang sel otak kita mati sejuta setiap hari, jumlah sel otak yang berkurang jika kita mencapai umur 100 tahun hanya berkurang 3,6 %. Sungguh merupakan angka yang sangat kecil.
Jumlah sel otak kita juga berkurang oleh berbagai hal, misalnya merokok, minum alkohol, penuaan, sakit dll. Namun, ada sebuah kabar gembira tentang jumlah sel otak kita. Ternyata sel otak manusia bisa bertambah. Hal ini diperkuat oleh penemuan para ilmuwan akhir-akhir ini.Mari kita bandingkan dengan sel otak lebah di bawah ini !!!

 B. Sel Otak Lebah

Pernah lihat seekor lebah, yang terbang begitu lincah. Berapa banyak sel otak yang dimiliki oleh lebah untuk "memproduksi" semua perilakunya ? Bukan beberapa juta seperti yang diduga oleh banyak orang, tetapi hanya beberapa ribu. Marilah kita bandingkan dengan jumlah sel otak manusia :

Jumlah sel otak lebah : 10.000
Jumlah sel otak manusia : 1.000.000.000.000 (satu trilyun)
Persentasi sel otak lebah: sel otak manusia : 1/100.000.000

Dengan beberapa ribu sel otak, yang merupakan satu per 100 juta volume sel otak manusia, apa yang dapat dilakukan oleh seekor lebah ?

Dengan beberapa ribu sel otak,lebah dapat:
1. Membangun, Lebah adalah salah satu arsitek besar di dunia serangga. Mereka membangun "gedung gedung bertingkat" yang rumit dan kompleks sehingga dapat ditinggali oleh seluruh komunitasnya.
2. Merawat anaknya
3. Mengumpulkan serbuk sari dan informasi
4. Berkomunikasi. Melalui gerakan,suara, dan sikap tubuh lebah dapat saling mengkomunikasikan informasi yang rumit tentang lokasi dan jenis tanaman yang sedang bersemi.
5. Menghitung. Lebah dapat menemukan kembali benda benda pilihannya dengan mengingat jumlah hal hal yang menonjol di dalam perjalanan menuju tujuan yang diinginkannya.
6.Menari. Ketika kembali ke sarangnya, lebah melakukan sebuah tarian yang kompleks untuk menyampaikan pesan tentang lokasi dan informasi navigasi tentang penemuan baru.
7. Membedakan lebah lainnya.
8. Makan
9. Berkelahi. Bukan sekedar berkelahi, tetapi berkelahi dengan keras,terfokus, cepat, dan berkoordinasi dengan "perlengkapan perangnya".
10. Terbang
11. Mendengar
12. Belajar
13. Hidup di dalam sebuah masyarakat yang teratur dan berfungsi dengan benar (bandingkan dengan perilaku kita)
14. Membuat keputusan. Lebah dapat membuat memutuskan untuk mengubah suhu sarangnya, mengirim atau tidak mengirim informasi, untuk berkelahi atau bermigrasi.
15. Navigasi. Dalam skala kecil, lebah setara dengan pesawat terbang yang canggih. Bayangkan ketika lebah mendarat di atas sebuah daun yang bergoyang di angin yang kencang.
16. Memproduksi madu.
17. Mengatur suhu. Ketika sarang menjadi panas, sekelompok lebah akan bekerja sama mengatur suhu sekitar sepersepuluh derajat dengan menggunakan sayap sayap sebagai kipas angin besar sehingga angin sejuk bisa mengalir sampai dicapai suhu yang mereka inginkan.
18. Mengingat.
19. Reproduksi
20. Melihat termasuk cahaya ultraviloet
21. Mencium Bau
22. Berkerumun dalam formasi yang lebih canggih daripada yang dilakukan oleh skuadron jet tempur
23. Mengecap
24. Berfikir
25. Menyentuh

Jika seekor lebah dapat melakukan semua ini hanya dengan beberapa ribu sel otak, apakah kita menggunakan dengan baik satu trilyun sel otak kita ?


Salam Sukses dan Bahagia

Primasari Nafisah T.Z ,CH,CHt, CPRG

2 komentar:

  1. I wanted to thank you for this great post!! I enjoyed every little bit of it, I have you bookmarked and waiting for all the new stuff you post.
    1991 Isuzu Amigo AC Compressor

    BalasHapus

POSTINGAN TERBARU

ARTIKEL-ARTIKEL :

OUR SOCIAL MEDIA

OUR FANPAGE FACEBOOK

OUR TWITTER

OUR INSTAGRAM

Title 4

Isi konten 4

Title 5

Isi konten 5