KATA-KATA BIJAK DAN MOTIVASI

Rabu, 07 Desember 2011

Ketika Anak Sulit Diatur --- Panduan bagi Para Orang Tua untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak


Orangtua mana yang tak jengkel menghadapi anak yang super nakal. Setidaknya orangtua akan merasa kesal bila memiliki anak yang berperilaku di luar bata-batas normal. Mulai dari kekacauan di pagi hari hingga keruwetan saat makan, anak yang mengamuk di depan umum, enggan melakukan pekerjaan rumah, seirng membantah, suka mencela, dan sikap-sikap lainnya yang cukup memusingkan kepala.

C. Drew Edwards, penulis buku yang ahli dalam menangani permasalahan anak, memberikan panduan untuk mengatasi problem perilaku anak yang sulit diatur. Masalah ini, saran Edwards, harus segera diatasi mumpung mereka masih anak-anak sebab jika tidak, sikap-sikap buruk itu akan berlanjut hingga dewasa.

Para dokter dan peneliti sebetulnya telah menulis banyak buku tentang cara mengatai anak-anak yang sulit dikendalikan. Namun, nasihat dari para dokter jarang ditopang dengan kemajuan yang sudah dicapai oleh para peneliti. Sementara, para peneliti sering gagal menerjemahkan pengetahuan merkea menjadi saran-sarn praktis yang mudah dimengerti oleh para orangtua.

Di sini, Edwards ingin menjembatani jurang antara para dokter dan peneliti tersebut. Dalam buku ini ia menuangkan wawasannya yang luas dalam dunia kedokteran, latar belakang pendidikannya, pengetahuan mutakhirnya tentang perkembangan anak, dan pengalaman pribadinya sebagai orangtua. Tidak aneh kiranya kalau tiap halaman dari buku ini memuat berbagai nasihat praktis berdasarkan penelitian empiris.

Secara gamblang Edwards menjabarkan mengenai sikap anak-anak yang sulit dikendalikan dan hal ini sangat membantu peran orangtua untuk memahami bagiamana sebenarnya sikap masa kanak-kanak yang normal dan mana perilaku yang perlu disikapi secara khusus. Ia juga menjelaskan terapi-terapi kognitif dan perilaku untuk menuntun para orangtua agar siap secara mental dan emosional dalam mengasuh anak yang sedemikian nakal.

Jika Anda mengasuh anak yang sulit diatur, kata Edwards, sudah tepat jika Anda mencari pertolongan. Menurutnya, perilaku agresif anak jika tidak dibimbing dengan cepat dan tepat dapat mengganggu perkembangan berikutnya. Anak-anak yang teramat nakal terkadang gagal membangun ketrampilan hidup, seperti membangun hubungan yang sehat dengan teman-teman dan orang dewasa. Apabila Anda tidak segera memegang kontrol atas anak-anak yang sulit diatur ini selagi mereka kecil, kesulitan tersebut akan terbawa sampai masa dewasa.

Memang, mengasuh anak-anak yang sulit diatur sedemikian pelik, namun hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil. Buku ini menunjukkan pada Anda mengapa anak yang sulit diatur bertingkah seperti itu. Juga, Anda dikenalkan aneka pendekatan yang disebut pola asuh untuk membantu menyeimbangkan bimbingan dan pendidikan yang diberikan kepada anak-anak dengan kasih dan dukungan. Lewat buku ini Anda dapat belajar strategi mengasuh anak-anak serta menuntun mereka menjadi generasi yang lebih bertanggungjawab, kompeten, dan bahagia.

Tentu saja, buku ini tidak memberi Anda kunci ajaib untuk mengubah anak Anda dalam sekejap mata, tetapi paling tidak akan membantu Anda terkait beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menghadapi perilaku anak secara lebih efektif. Secara keseluruhan buku ini banyak memberikan contoh-contoh dan sumber-sumber yang dapat dijadikan referensi, terutama bagi para orangtua.

Sebagian metode yang ditawarkan buku ini mungkin merupakan metode baru bagi Anda. Beberapa metode mulanya akan terdengar aneh atau terlalu makan waktu. Akan tetapi, kata Edwards, jika menggunakan strategi yang disaranakannya dengan konsisten, Anda akan bisa menghemat banyak energi untuk menangani perilaku anak yang bermasalah.

Alhasil, usai mempelajari buku ini, Anda akan dapat membangun hubungan yang lebih positif dan progresif, saling menyayangi, saling menghargai, dan nyaman dengan anak Anda. Dikemas dengan informasi praktis dan ditulis secara profesional, buku ini akan membekali Anda berbagai trik menangkal anak-anak nakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN TERBARU

ARTIKEL-ARTIKEL :

OUR SOCIAL MEDIA

OUR FANPAGE FACEBOOK

OUR TWITTER

OUR INSTAGRAM

Title 4

Isi konten 4

Title 5

Isi konten 5